Blog Penghina Nabi Cuma Cari Sensasi

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita LPDS

(Sumber: vivanews.com)

Jakarta (VIVAnews) - Munculnya blog penghina nabi Muhammad yang baru di layanan blog milik Wordpress, sebenarnya bukan cerita baru.

"Situs-situs semacam ini akan selalu bermunculan," ujar blogger senior Enda Nasution, lewat sambungan telepon, Selasa 10 Maret 2009.

Menurut Enda, tujuan utama dari blog-blog semacam ini adalah mencari sensasi. "Makin banyak pengunjung yang melihat blognya akibat sensasi yang ditimbulkannya, ia akan semakin senang. That's exactly what he want," kata Enda.

Enda, adalah blogger yang sempat mengupayakan pemblokiran blog penghina Nabi Muhammad, pada November tahun lalu. Kepada VIVAnews, Enda juga mengaku baru saja melaporkan blog penghina nabi yang baru, kepada penyedia layanan blog Wordpress.

Menurut Enda, cara simpel untuk menangkis blog-blog sejenis yang berisi penistaan agama, adalah melaporkannya kepada penyedia layanan blog tersebut. Dan itu, bisa dilakukan oleh siapapun.

Menurut Enda, blog apapun yang menimbulkan keresahan, sepatutnya dilarang. Namun, harus diperjelas lagi batasan 'meresahkan' pada konten blog tersebut. Pasalnya, meresahkan untuk satu orang, belum tentu meresahkan bagi orang lain.

Blog itu bisa dikatakan meresahkan bila telah menjadi perbincangan serius di ranah blog. Lebih jauh lagi, kata Enda, blog itu bisa dikatakan meresahkan bila konten-kontennya telah menimbulkan perpecahan, permusuhan, hingga memicu aksi-aksi turun ke jalan.

Blog penghina nabi Muhammad yang baru itu sendiri, sebenarnya bukan blog baru. Ia telah dibuat sejak 10 Mei tahun lalu. Blog ini kelihatan hanya dibuat orang iseng karena tak dikelola secara serius.

Dari nama blognya saja, teswordpress, sang blogger terkesan baru mencoba-coba layanan blog tersebut. Apalagi, ia juga tak mendefinisikan identitasnya pada artikel About.

Praktis, sejak blog itu diluncurkan, baru dua artikel yang diposting. Selebihnya ia cuma menyediakan link atau tautan ke situs lain.

Bahkan pada bagian Blogroll, ia cuma menautkan konten-konten asing melalui mesin penerjemah Google Translate yang menghasilkan terjemahan yang tak sempurna. Bisa dibilang, situs blog itu hanya merupakan hasil kerja blogger kacangan yang kurang kerjaan.()

(Sumber: www.vivanews.com / Selasa, 10 Maret 2009)
(foto: ilustrasi logo wordpress. Sumber www.mangoorange.com)